Selasa, 23 Desember 2014

HUMAN IN POLITICS STRAW


Sekilas tentang POLITIK :

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk monodualis, artinya selain sebagai makhluk sosial juga sebagai makhluk individu. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan makhluk yang pada dasarnya ingin selalu bergaul dan berkumpul dengan sesama manusia lain, sehingga terbentuklah apa yang disebut masyarakat. Diantara hubungan yang dilakukan antarmanusia terdapat suatu hubungan yang sangat mempengaruhi aspek kehidupan manusia. Hubungan tersebut adalah hubungan politik. 

Bagaimana sebenarnya keterkaitan hubungan politik di tengah masyarakat ???

HUMAN IN POLITICS STRAW adalah sebuah kalimat yang saya buat untuk menggabarkan keterkaitan tersebut. Human in politics straw atau dalam istilah bahasa Indonesia "MANUSIA DALAM JERAMI POLITIK" akan menggabarkan bagaimana kehidupan masyarakat saat ini ditengah guncangan politik yang tidak stabil. Rakyat kecil yang tertindas dan dikorbankan tak jarang dihibur dengan bahasa yang manis dan eufemistik, hingga akhirnya rakyat merasa tidak lagi tertindas, ternistakan, dan dikorbankan. Dalam konteks demikian, Masyarakat dalam politik telah dimanfaatkan sebagai alat propaganda untuk menggapai ambisi dan kepentingan tertentu.


Adapun penyebab terjadinya guncangan politik tersebut salah satunya disebabkan oleh adanya beberapa pihak yang tidak senang atas kepemimpinan dan strategi politik yang dibuat oleh para petinggi negara.
Dengan membuat berbagai alasan, mereka menarik simpatik masyarakat untuk dapat menjalankan misi politik yang telah direncanaka. Contoh : Ormas maupun LSM yang melakukan demonstrasi secara tiba-tiba. namun sesungguhnya dibalik semua kejadian itu, ada dalang dibalik layar yang telah memerintahkannya.
Demo LSM tolak Cawapres

Kenapa masyarakat begitu mudahnya terpengaruh dengan 'rayuan gombal' atau 'tipu muslihat' para politikus ?
Ditinjau dari tingkat pendidikan masyarakat, tidak semua masyarakat paham akan dunia politik. keterbatasan pengetahuan dan minimnya rasa ingin tahu mengakibatkan timbulnya masalah besar dalam masyarakat. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh para politikus yang tidak bertanggung jawab.
Tuntutan ekonomi menjadi salah satu faktor utama yang memicu masalah ini. Sehingga apapun akan dilakukan tanpa pikir panjang. 

Kembali Didemo FPI, Ahok Tolak Berunding
Pandangan Politik di Indonesia :
Di lihat dari banyaknya peristwa yang nampaknya mengganggu kestabilan nasional. Contoh peristiwa tersebut adalah sebagai berikut :
1. Semakin banyaknya kader partai yang korupsi
2. Semakin banyaknya pejabat yang menduduki kursi terhormat terjerat korupsi
3. Pemilihan Gubernur yang dirusak oleh pembelian suara hingga harus terjadi pengulangan pemilukada
4. Jika pegawai tidak condong ke partai tertentu maka Jabatannya menjadi taruhan.

Politik Uang dalam Pemilu


1 komentar:

  1. Tulisan yg kritis dan peka sosial, tapi disayangkan tidakk ada pendapat Ahli untuk menguatkan tulisan diatas. Wesley Hutasoit.

    BalasHapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Sopan dan tidak mengunjing
2. Tidak menggunakan Anonymous
3. Budayakan meninggalkan pesan setelah membaca